Sabtu, 27 Juli 2013

Beasiswa LPDP Part. 2 (Seleksi Berkas)

Pada tulisan ini akan saya tambahkan informasi mengenai Beasiswa LPDP yang pernah saya tulis sebelumnya dan tentu saja informasi yang saya berikan sesuai dengan saya ketahui. Dan mungkin akan saya beri kisi-kisinya sedikit, itupun sesuai dengan pengetahuan yang saya punyai. 

Beasiswa LPDP baru ada di tahun 2013 ini. Beasiswa ini pendanaannya berasal dari Kementerian Keuangan yang dikembalikan dari pendanaan yang dialokasikan untuk Beasiswa pada Dikti. Jadi anggaran yang diperuntukkan untuk beasiswa yang tidak tergunakan akan dikembalikan ke negara yang kemudian akan langsung dikelola oleh LPDP yang dibawahi langsung oleh Kementerian Keuangan.

Penyeleksian untuk beasiswa ini dilakukan dengan 2 tahap seleksi, yaitu seleksi berkas dan wawancara. Pada seleksi berkas, diperlukan bukti-bukti otentik dari semua yang dituangkan dalam CV. Seperti pengalaman organisasi, pelatihan-pelatihan, workshop, ataupun bukti nilai TOEFL. Beasiswa ini memberi nilai tinggi pada mahasiswa yang mempunyai pengalaman organisasi yang banyak, dan latihan kepemimpinan. Kemudian nilai TOEFL juga tidak bisa diacuhkan begitu saja, karena meskipun memiliki pengalaman organisasi yang banyak, tapi jika nilai TOEFL tidak mencapai 450 untuk wilayah 3T dan 550 untuk yang berasal dari wilayah bukan 3T. 

Jadi, pada beasiswa LPDP, nilai TOEFL merupakan yang paling penting dibanding pengalaman organisasi ataupun jenjang pelatihan yang pernah kita ikuti. Kemudian, sebelum mendaftar, pastikan Universitas yang dituju untuk dalam negeri berakreditasinya A begitu pula denga jurusan yang dituju.


Pastikan pada saat tes wawancara untuk membawa semua berkas asli, mulai dari ijasah, sertifikat-sertifikat, SK-SK, ataupun surat rekomendasi. Karena akan dilakukan pengecekan ulang. Kemudian pastikan pada saat mengkonvert file ke pdf jangan dengan kapasitas besar, karena akan crash biasanya. 


Oke sekian informasi yang bisa saya berikan seputaran berkas yang menjadi dasar untuk kelulusan pada seleksi berkas.



Ditulisan selanjutnya akan saya coba ulas mengenai tes wawancara yang saya lewati.


Baca juga !!

Pengenalan beasiswa LPDP, Kementerian Keuangan
Sekilas Tes Wawancara, Beasiswa LPDP
Contoh file Kelengkapan Berkas Beasiswa LPDP

Baca Juga tentang Kampung Inggris.. 
Tempat tinggal di Kampung Inggris
Tempat kursus di Kampung Inggris
Global English Course, Kampung Inggris
ASSET - Perkumpulan Anak Makassar di Kampung Pare

atau The Story of Kampung Inggris..
The first time in  Kampung Inggris
Kisah 2 minggu di Kampung Inggris
Perkumpulan Makassar di Kampung Inggris - ASSET

^_^  
... thanks for your coming ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar