Minggu, 28 Juli 2013

Beasiswa LPDP Part. 3 (tes wawancara)

Membuat essay merupakan salah satu kelengkapan berkas yang penting juga. Jadi pastikan bahwa essay yang kita tulis tersebut bukanlah sesuatu yang tidak real dalam kehidupanmu. 
Judul dari essay tersebut adalah :
1. Peranku bagi Indonesia
2. Sukses terbesar dalam hidupku

Dari kedua tulsan tersebut sebenarnya menggambarkan apa yang sudah pernah kita jalani dan apa yang akan kita rencanakan kedepan. Dan dari essay tersebut itulah yang akan menjadi bahan untuk tes wawancara. Berikut akan tulis beberapa hal yang saya alami pada saat mendaftar beasiswa ini sebagai salah satu mahasiswa yang berasal dari daerah 3T.

Pertama-tama penanya pertama akan menanyakan apa yang kita lakukan setelah lulus SMA, dan dari jawaban kita akan menimbulkan pertanyaan berikutnya dan berikutnya. Jumlah penanya saat itu adalah 3 orang, dan semuanya akan bertanya satu persatu. Kemudian penanya kedua akan menanyakan mengenai apa kesuksesan terbesar kita, nah hal ini tidak jauh beda dengan yang kita tulis dalam essay yang telah kita kumpulkan. Kunci dari essay ini adalah ceritakan 1 hal kesuksesan dalam hidup, misalkan seperti Lulus SMPB dan diterima di Universitas Negeri yang mana tidak semua orang bisa mempunyai pengalaman seperti itu. Jadi bisa kita ceritakan hal tersebut saja, dan jika diperlukan hal membanggakan kedua isilah dengan pengalaman organisasi atau kegiatan akademik, seperti mendapatkan cum laude.

Kemudian penanya berikutnya akan menanyakan apa peran kita untuk Indonesia. Jawablah dengan yang sudah tertulis dalam essay yang sudah dibuat. Inti dari beasiswa ini adalah memberikan bantuan materi kepada mahasiswa yang sekiranya mereka nantinya akan kembali ke daerahnya masing-masing untuk melakukan pengembangan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa daerah tertinggal tetap saja tertinggal, karena pemudanya ketika sudah berada di zona nyaman terkadang tidak berniat untuk kembali ke daerahnya. Maka hal yang diinginkan dari penerima beasiswa ini adalah kita kembali ke daerah kita untuk melakukan pembangunan ataupun pengembangan agar tidak menjadi tertinggal terus. 

Seperti itulah kira-kira bayangannya.

Tapi saya tidak lulus tes wawancara, karena saya menyakiti hati para pewawancara dengan mengatakan bekerja sebagai PNS adalah hal terburuk yang mungkin saya lakukan, karena saya melihat bahwa para PNS hanyalah menghabiskan uang negara dengan menerima gaji tiap bulannya kemudian mereka hanya bekerja untuk membaca koran ataupun bergosip setiap harinya di kantor. Yeah. Begitulah, jadi saya sarankan jangan menghina pewawancara. Hahaha..

Baca info LPDP lainnya !!
Pengenalan beasiswa LPDP, Kementerian Keuangan
Kelengkapan Berkas Beasiswa LPDP
Contoh kelengkapan berkas dalam bentuk PDF  

Baca Juga tentang Kampung Inggris.. 
Tempat tinggal di Kampung Inggris
Tempat kursus di Kampung Inggris
Global English Course, Kampung Inggris
ASSET - Perkumpulan Anak Makassar di Kampung Pare

atau The Story of Kampung Inggris..
The first time in  Kampung Inggris
Kisah 2 minggu di Kampung Inggris
Perkumpulan Makassar di Kampung Inggris - ASSET

^_^  
... thanks for your coming ...

146 komentar:

  1. mbak kalo boleh minta contoh file essay yang mbak pakai untuk daftar beasiswa ldpp dong.. kirim ke email aja ya.. muhdailami@gmail.com
    habis yang dari link download g bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya kirim contohnya di imel

      Hapus
    2. mbak, bagaimana cara menyusun rencana studi, sementara saya tidak melihat di wb secara online rencana studi magister kenotariatan UI. Terimakasih

      Hapus
    3. alamat imelnya apa mba/mas?

      Hapus
    4. Mbak, boleh minta contoh essay-nya?
      jika berkenan mohon dikirimkan ke krizthyadiaz@gmail.com
      Terimakasih sebelumnya.

      Hapus
    5. Pagii Mba..
      saya bingung mengenai contoh rencana study dan essay,,,
      klo mba berkenan saya bisa melihat contohnya...
      mhon di kirimkan ke Email saya Zesuchia_eka@yahoo.com

      terima kasih sebelumnya Mba...

      Hapus
    6. aslmlkum mba,
      jika boleh dan berkenan, biasakah saya minta file essay mba, sekedar untuk bahan pembelajaran karena saya masih bingung dengan essay ini, terimakasih sebelumnya. dan jika boleh berikut alamat email sy mba,
      Ima_minho.caem@yahoo.co.id

      Hapus
    7. bisa nda minta tlong kirimkan contoh essay ke alamat nash.physics6929@gmail.com

      Hapus
  2. pingin nanya mbak...apakah dokumen asli turut diperlihatkan pada saat wawancara seperti ijasah, transkrip dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat wawancara semua berkas asli mulai dari ktp, ijasah, sertifikat pelatihan, dan apapun itu yang dikirm melalui imel ke lpdp, wajib dibawa aslimya. Apalagi kalo ada surat rekomendasi dari dosen, wajib sekali.. tapi ingat nilai toefl sesuai standar yang paling wajib dibawa juga.. karna meskipun semuanya lengkap tapi toefl 300an, "selamat tinggal deh"

      Hapus
  3. Mba kalau boleh minta contoh file essay yang beasiswa LPDP, kirim ke email juga ya, antiq.banget@gmail.com. thanks

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. salam...
      bisa minT tolong dkirimin contoh essayny waktu mw apply LPDP? ke anhimoon90@gmail.com
      makasih :D

      Hapus
    2. anhimoon90@gmail.com sudah yaaah, sejak 6 november lalu

      Hapus
  5. Hi Mba!

    Thanks for sharing.
    Saya mau nanya, apakah kita wajib membuat essay dengan kedua topik yang telah ditentukan ?
    Karena saya baca di blog penerima beasiswa LPDP, kita hanya pilih salah satu dari kedua topik tersebut.
    Pertanyaan berikutnya, saat mendaftar LPDP kemarin, mba sudah memiliki LoA atau belum? Karena saya khawatir kalau kita belum memiliki LoA, maka kita tidak dapat diterima.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Essay wajib pada saat saya yg mendaftar di unhas, krn dari essay tersebut sudah menceritakan kehidupan kita yang dulu, sekarang dan nanti..

      Jadi usahakan ceritakan yg sebenarnya karena pada saat wawancara, essay kita yang dipertanyakan menyangkut tulisan kita

      Usahakan berkas yang diminta harap dipenuhi, karena jika penyeleksi berkas ketat, bisa2 gugur sebelum berjuang..

      Kemudian, jika kamu memang tujuannya mendaftar di univ luar negeri memang harus ada loa nya.. wajib say.. klo dalam negeri terdaftar di kampus saja..

      Hapus
    2. Thanks mba infonya

      Apakah kita harus melampirkan LoA terlebih dahulu?
      Karena setahu saya, bagi yang belum memiliki LoA tetap bisa mendaftar.
      Dulu mba bagaimana?
      Thanks ya

      Hapus
    3. hehehe.. saya cuma daftar daerah indonesia saja jadiiii... tapi setau saya waktu penjelasan harus ada LOA nya laluuuu universitasnya harus masuk dalam daftar LPDP...

      Hapus
    4. Oh begitu...
      Mba, aku boleh minta contoh esai dan rencana studi yg mba kirim ke LPDP ngga?
      Kalau boleh, email saya yulisayulisa@gmail.com.
      Thanks a lot ya! :)

      Hapus
    5. salam.. aku sudah kirim yah sejak 17 november 2013
      tq

      Hapus
  6. mbak mnta cntoh essay yg waktu mbak daftar beasiswa lpdp. . .
    kirim d emailq dong. . . .
    surmadani.landata@gmail.com

    BalasHapus
  7. Mbak boleh donk minta contoh essaynya waku daftar beasisea lpdp. Kirim ke emailku mirayanti.said@gmail.com
    Makasih ya mbak... :)

    BalasHapus
  8. mba aku juga bisa minta contoh essay nya ga mba.... bisa kirim ke email diandinastutimulia@ymail.com. terimah kasih mba sebelumnya

    BalasHapus
  9. kk aku juga mau minta contoh essay nya .... bisa kirim ke email muludimesin@ymail.com. terimah kasih kk sebelumnya

    BalasHapus
  10. mbak aku minta jg dong contoh studi plan dan essaynyaaa .. anindityanurulst@gmail.com

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum. Wr. Wb.
    Mb Misda salam kenal, saya Huda. InsyaAllah rencana tahun mau kuliah di malaysia. Berhubung untuk keperluan utk mendaftar LPDP, maaf bisakah mb Misda memberikan contoh essay, email : hudaelhalim@yahoo.co.id. Sebelumnya terimakasih, BaarokaAllah...
    Wassalamualaikum. Wr. Wb.

    BalasHapus
  12. bismillah.mba misda,sy jg minta contoh essay nya dong,ini email saya : iwansetia1981@gmail.com.makasi yg mba...

    BalasHapus
  13. mba,aku boleh mnta contoh essay jg.. bsa kirim ke w3_rossanti@yahoo.com..
    mksh mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam.. maaf yah terlambat.. saya baru bisa ngirim sekarang.. gadget lagi sakit..

      Hapus
  14. Selamat malam ...
    Saya sudah mendaftar di LPDP barusan, tinggal essaynya nih bingung nyari inspirasi untuk mulai nulis ...
    boleh ngak saya minta contoh essaynya Mbak yang lalu ... bisa di kirim ke idewa92@gmail.com

    Trima kasih banyak, semoga beruntng .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. essay iti sebenarnya hanya menceritakan hidup saja.. masa lalu, kini dan nanti..
      dan dari essay itulah pertanyaan untuk wawancara muncul..
      memang sih untuk menulis essay terkadang kalimat atau kata pertama yang agak sulit di buat, tapi setelah itu akan berlalu dengan sendirinya..

      Hapus
  15. mba' boleh minta rencana study nya buat referensi?
    ke email: dzakya_annisa@yahoo.com,
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam.. maaf yah.. saya tidak punya rencana study, karna saya daftar LPDP setelah saya sudah diterima s2 di Manajemen Kelautan Unhas. Jadi saya hanya bisa mengirim essay yang pernah saya buat, mungkin bisa dijadikan inspirasi..

      Hapus
  16. terima kasih mbak udah share
    mau tanya, untuk mendaftar beasiswa tsb kita harus udah daftar di univ yang dituju atau daftar beasiswa terlebih dahulu?
    mbak, kalau boleh, saya minta kirimin essay dan contoh rencana studi mbak ya ke Agung_elsyiroji@yahoo.com
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pertanyaan pertama saya gak bisa jawab, karna saya daftar beasiswa setelah diterima s2 di Manajemen Kelautan Unhas..
      Jadi saya hanya bisa mengirim essay yang pernah saya buat..

      Hapus
  17. Assalamu alaikum..

    mba
    salah satu persyaratan daftar beasisiwa LPDP harus ada essay nya

    boleh saya minta file essay nya mba ?
    ini email saya
    nurulismi_91@yahoo.com

    makasih sebelumnya mba

    sukses selalu
    Mestakung (^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah kirim contoh essaynya di imel yah

      Hapus
  18. Assalamualaikum Mbak..
    Saya saya mau daftar beasiswa Afirmasi... apa harus daftar online juga ya mbak..
    soalnya saya sdh terlanjur mengisi berkas yang ada di formulir online.. tp belum di-submit sih.. mohon infonya mbak,, Thanks in advance :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, maaf yah,, saya tidak tau mau menjawab apa.. soalnya waktu itu saya mendaftar via kampus, setelah workshop baru kami disuruh untuk mengirim berkas..

      maaf tidak banyak membantu, dan telat balas juga..

      Hapus
  19. Assalamulaikum.
    Mbak saya jg mau cnth essay-mya mbak. Email saya ; vina_chubiez@yahoo.com
    Terimakasih ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah kirim contoh tulisan essay saya,, tapi seadanya yah, jangan diketawain..

      Hapus
  20. Mba, aku boleh minta contoh esai dan rencana studi yg mba kirim ke LPDP?
    Kalau boleh, email saya: ibnumansur@yahoo.com
    Thanks ya...

    BalasHapus
  21. Selamat Siang Mba!

    Aku numpang tanya, didalam penulisan rencana studi dan Essay, berhubung aku ingin mendaftar untuk magister luar negeri, apakah diharuskan untuk berbahsa inggris atau boleh dengan bahasa Indonesia? atau apakah bisa campur campur, mungkin di rencana studi pake bahasa inggris dan esssay pake bahasa indonesia.

    Mohon arahannya.

    Terima kasih banyak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, maafkan saya.. saya tidak tau mau menjawab apa..
      tapi saran saya, lebih baik kamu membuatnya dalam bahasa inggris semuanya, dan ingat berkas untuk nilai toefl kamu harus sesuai dengan yang diinginkan..

      Hapus
  22. Mba, aku boleh minta contoh esai dan rencana studi yg mba kirim ke LPDP ngga?
    Kalau boleh, email saya fmeilitasari@gmail.com.
    Thanks a lot ya! :) sangaatttt membantu sekali

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum,
    Terima kasih sudah berbagi informasi berharganya mba Misda, perkenalkan nama saya Jo, saya berencana ambil bagian juga di beaiswa ini, namun masih terkendala dgn kurangnya kemampuan menulis dan persiapan berkas lainnya..
    Mengenai contoh essay dan study plan mba Misda boleh sya baca,?
    Mohon maaf mba ini email saya, ejoimandeka@gmail.com

    Terimakasih sblumnya mba, smoga mnjadi amal jariah..amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya hanya bisa mengirim berkas essay saya saja..
      karena kalo study plan, saya tidak punya..

      Hapus
  24. kak, sebelumnya terimakasih infonya, kalo ga merepotkan boleh saya minta contoh essay punya kakak untuk referensi? kalo boleh ini email saya intannayasilana@yahoo.com, terimakasih:)

    BalasHapus
  25. Aslkm... mbk, terima kasih atas informasinya, mbk minta essay nya ya mbk.. tolong kirimkan ke email saya mbk marizaldefi@yahoo.com

    terima kasih mbk

    BalasHapus
  26. Aslkm... mbk, terima kasih atas informasinya, mbk minta essay nya ya mbk.. tolong kirimkan ke email saya mbk marizaldefi@yahoo.com

    terima kasih mbk

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum,
    saya mau bertanya apakah untuk beasiswa LPDP program magister DALAM NEGERI apa bila telah lolos seleksi wawancara harus memiliki LOA dan harus mengikuti lagi ujian seleksi masuk di universitas yang kita tuju ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja, meskipun kita sudah acc di LPDP, tetap saja kita harus mengikuti ujian masuk pasca nya..

      Hapus
  28. mba,bisa minta file essay n study plan yg mba pakai lalu ?
    imel k merrylalenoh@yahoo.com
    thanks :)

    BalasHapus
  29. sya mau brtnya mba, untuk study plan kira2 seperti apa ya gambaran isinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu, skarang, dan nanti..

      saya sudah kirim contoh tulisan saya..

      semoga terbantu..

      Hapus
  30. Asslamualaikum
    Salam kenal mbak
    Mbak bisa minta tlg contoh esaay n studi planya di sabrinachairani1988@gmail.com
    Makasi sebelumnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terkirim yah..tapi hanya essaynya saja.. karena waktu itu saya hanya ikut yang on going

      Hapus
  31. tlg juga mba email ke aura_olivera@yahoo.com cntoh essay dan study plannya..
    thank you..

    BalasHapus
  32. halo
    boleh minta dikirimkan tidak contoh rencana study dan essay nya ke abi_abi72@yaho.com
    appreciate sekali jika anda bisa membantu

    terima kasih

    BalasHapus
  33. Halo Mbak Misda yang baik..

    Kindly juga dishare contoh rencana study dan essaynya mbak ke riobudi@gmail.com.

    Terima kasih sudi membantu.

    Salam Rio

    BalasHapus
  34. waahh,, tulisannya menarik dan nambah informasi nih mbak,,
    klu boleh saya mau jg contoh study plan dan essay nya mbak, kirim ke sari_murniati@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya mbak
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sempat ngirim..
      study plan saya tidak buat, maaf yah..

      Hapus
  35. Keren2 mbak tulisannya,karena saya juga sedang proses melengkapi data.
    Boleh minta info untuk test Toefl,testnya pake lembaga apa saja ya mbak?bebas atau harus di kedutaan Inggris?

    lalu saya juga minta donk contoh eessaynya bisa dikirim ke elisasmoro_bayu@yahoo.co.id.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuuh.. mohon maaf.. baru sempat ngelia baik2 ni blog..
      untuk berkas yang penting ada nilainyaa deh, khusus untuk seleksi berkas, jika nanti pada saat wawancara mintanya macam yaa penuhi aja..

      maap yah... telat..

      Hapus
  36. Assalamualaikum mba, bs minta cntoh essay.nya? Di adriani_fatma@yahoo.com, trm ksih sebelumnya. Apa lolos LPDP otomatis llos di PT tujuan? Pembrtahuan llos atw tdk berkasnya brp lm setelh daftar?minta YM, pin BB mba, mgkn bs sharing pengalaman tes beasiswa ini. Trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mba, jadi daftar LPDP dulu, lalu daftar PT nya..
      klo untuk luar negeri, harus ada LOAnya

      karna skrg saya pake android bbmnya jadi klo mau pin bb saya kirim pesan ke no hp saya yah mba..

      Hapus
  37. salam....
    mbak, tolong kirim kan essay LPDP yg punya mbak dong. terima kasih
    mirza_fuadi@ymail.com

    BalasHapus
  38. Assalamu'ikum mba misda, perkenalkan saya titi mba, masih anak baru, belum tahu tentang beasiswa LPDP dan baru tau hari ini. Mba, saya kalau mba misda berkenan tolong transfer pengalaman mba ke saya juga yak, Essay LPDP yg pernah mb buat, tranfer ke email saya yak mba...w_titi@rocketmail.com
    saya berharap sekali bisa diterima beasiswa ini mba. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beasiswa ini baru launching tahun 2013 kok, jadi wajar masih belum banyak yang tau..

      Hapus
  39. salam kenal. kalo boleh bagi-bagi donk pengalamannya dengan saya. saya sangat tertarik dengan beasiswa lpdp, skrg lagi siap2 mengumpulkan data. mbak saya minta contoh essay LPDP ke habibyanhasz@gmail.com. terimakasih byk

    BalasHapus
  40. Salam kenal mba misda,
    Saya Vini baru lulus, sangat bermanfaat infonya dan sangat membantu
    saya boleh minta study plan dan contoh esai punya mba kah?
    alamat email saya : vini.mulideas@gmail.com
    Terima kasih atas perhatiannya mba
    Semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sempat ngirim..
      dan maaf saya tidak punya rencana study karena saya mendaftar LPDP sementara kuliah semester 2

      Hapus
  41. Hallo .. terima kasih untuk sharingnya. Untuk rekomendasi itu hanya untuk yang blm bekerja atau yang sudah bekerja juga butuh?

    Oh ya untuk rencana study, ada dua yaitu di bagian dokumen yg diupload dan essay. Itu bagaimana yah? Boleh tolong kirimkan contoh rencana study nya ke tabhita_hutagalung@yahoo.com kah?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LPDP sebenarnya jika punya pengalaman kerja lebih diutamakan lagi.. apalagi jika pengalamannya di wilayah pemberdayaan..

      maaf yah baru bisa reply skrg..

      Hapus
  42. Assalamu'alaikum mb salam kenal
    Mbak boleh minta gk contoh essay dan study plant waku daftar beasisea lpdp. Kirim ke email sy ya mb arizqi.januar@gmail.com
    Makasih ya mbak... :)

    BalasHapus
  43. Assalamu alaikum. Salam kenal
    Saya berencana apply lpdp tahun ini, boleh saya mintan contoh rencana study dan essay nya! Sekiranya itu dapat menjadi masukan yang baik untuk saya. Kirim ke email chem_killua@yahoo.com. terima kasih

    BalasHapus
  44. assalamu'alaikum..
    mbak, sy nita handayani, boleh minta contoh rencana study dan essay dll..
    kalau sudi tlg kirim ya mbak ke email nthandayani@gmail.com
    makasih mbak...

    BalasHapus
  45. Mbak klo boleh share essaynya...
    Email ku klanwaliulu@gmail.com

    Makasih mbak sblumnya ^_^

    BalasHapus
  46. assalamualaikum.wr.wb..mba'' boleh minta contoh rencana study dan contoh essaay untuk beasiswa LPDP...kalw boleh tolgn kirim ke email suzhie2000@yahoo.com
    maksih sebelumnya ya mba..^_^

    BalasHapus
  47. assalamualaikum.wr.wb..

    mbak minta tolong boleh share contoh essai sama study plannya yaa..

    supersan3@gmail.com

    terimakasih.. :)

    BalasHapus
  48. assalamu alaikum mbak..boleh kirim lewat email ndak contoh essay nya mbak..buat dijadikan inspirasi dlm membuat essay.alamat email sya z_fah@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya mbak..

    BalasHapus
  49. assalamualaikum wr wb.
    mbak, saya Nugroho. saya juga tertarik mendaftar beasiswa LPDP.
    bisa membagi contoh studi plan dan essainya?
    email saya nugrohoho@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum wr.wb
    mbk misda yang cantik,,,
    saya bisa request contoh studi plan dan essainya. email saya ikhsanulmuslim@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  51. aslmualaikum mbak misda,,salam kenal
    perkenalkan nama saya Dian fatihah imami,.mbak boleh saya minta contoh rencana studi dan essay nya karena saya berkeinginan melanjutkan pendidikan melalu beasswa LPDP,,
    email saya dianfatihah@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya mbak

    BalasHapus
  52. mba saya boleh minta juga contoh essay n rencana studi beasiswa LPDPnya ?
    email saya :refiyonyoggy@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak

    BalasHapus
  53. assalamualaikum mba Misda.
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas semua info yang diberikan mengenai besiswa LPDP. perkenalkan saya Didin.
    saya berminat untuk daftar beasiswa LPDP S2 dalam negeri, tp saya masih belum punya gambaran tentang "rencana Studi", jadi berkenankah mba memberi contohya...
    tlong dikirim email ke "didinlubis@yahoo.com".
    terima kasih ya....^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuuh, maaf, kukira minta essay.. maaf yah..
      klo study plan saya tidak punya..

      Hapus
  54. Hi mba mohon dikirimkan contoh "rencana Studi ke email
    kamalsimutuah@yahoo.co.id
    thanks a lot :)

    BalasHapus
  55. Assalamu'alaikum.

    Terima kasih atas share infonya.. sangat beranfaat.
    Saya berencana mengajukan beasiswa LPDP S2.

    Karena ini pengalaman pertama, saya merasa kesulitan untuk mendapatkan gambaran essay tentang "peranku bagi indonesia" dan "sukses terbesarku".
    Jika mbk Misda berkenan untuk memberi contohnya...
    Juga tentang gambaran rencana sudi jika mbk berkenan.
    Saya sudah cb download tapi tdk bisa..

    Email saya "subaraclouds@gmail.com"

    terima kasih..

    BalasHapus
  56. ass. miss
    artikel yang sangat bagus sekali
    saya berencana melanjutkan study S2 ke luar negri.
    bila ak keberatan,bisa saya minta study plan and essay mba. buat referensi.
    vinny.setiawan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  57. aslmlkum mba,
    jika boleh dan berkenan, biasakah saya minta file essay mba, sekedar untuk bahan pembelajaran karena saya masih bingung dengan essay ini, terimakasih sebelumnya. dan jika boleh berikut alamat email sy mba,
    Ima_minho.caem@yahoo.co.id

    BalasHapus
  58. Terima kasih, Mbak, sharing pengalamannya, dan bagian jangan menghina pewawancara itu perlu dicatat, karena kadang kalau berbicara kita (atau saya saja) suka emosional sendiri. Jika berkenan, tolong kirimkan essay ke endaht.anomsari@yahoo.com.
    Thanks in advance.

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaykum...

    mba,, luar biasa pengalamannya. Mba kalau nilai toefl masih kurang sedikit dari standar lpdp masih ada harapan tidak?
    kalau boleh saya juga minta esai dan rencana studinya mba ke ctea.radix@gmail.com
    terimakasih banyak. Sukses untuk mba...

    BalasHapus
  60. Assalamu'alaikum mba...
    Artikelnya bagus sekali
    saya berencana mengajukan beasiswa lpdp
    jika mba berkenan, bisakah saya minta contoh essay dan rencana studinya mba ke yamin.anggri@gmail.com
    terimah kasih banyak...

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum.
    terimakasih untuk sharing nya mbak, bagus sekali :)
    saya berencana untuk melanjutkan s2, saya sangat kebingungan untuk menulis essay dan studi plan. jika berkenan saya minta essay dan studi plan milik mbak.
    ini alamat email saya : rhesty.arishanty@gmail.com
    sebelumnya terima kasih banyak. sukses selalu

    BalasHapus
  62. assalamualaikum.wr.wb..

    mbak minta tolong boleh share contoh essai sama study plannya yaa. di muda_83@yahoo.com

    BalasHapus
  63. assalamualaikum
    mbak boleh minta contoh essay nya ga mbak? tolong kirimin ke alamat e-mail saya annisarahma14@ymail.com
    makasih sebelumnya mbak :)

    BalasHapus
  64. Assalamu'alaikum
    mbak ini fitrotin,,, saya boleh minta kirimi contoh essay n rencana studinya mbak ke ini fitrotinnazizah@gmail.com
    sebelumnya makasi mbak.

    BalasHapus
  65. siang mbak, saya boleh minta contoh essay dan rencana studinya mbak ke email ronii.ahmad83@gmail.com.

    sebelumnya makasih mbak.

    BalasHapus
  66. Aslm wr wb mbak saya berencana mau ikut lpdp juga.bisa minta tlong kirim cth essaynya mbak, thanx sebelumnya mbak .. email jelishajon@gmail.com

    BalasHapus
  67. mb numpang bagi ilmu dunk.. dsni kan sy baru mau mendaftar, sedangkan saya belum ada Loa dan TPA, sedangkan file tersebut kita dapatkan setelah kita Tes di universita sd tuju, sedangkan saya baru mau mendaftar LPDP jadi apakah sy harus k univ yg d tuju dulu atau boleh daftar LPDP dulu yah???

    BalasHapus
  68. Mba..sata minta tolong kirim contoh essay dan rencana studi ya ke email hestty_lea@yahoo.com ...ini kali kedua saya ikutan LPDP...semoga kali ini dipermudah..

    BalasHapus
  69. salam mbk sy lg mau ngepaly beasiswa LPDP bisa minta contoh essay dan rencana studi ya thnaks
    bisa dikirim ke email saya rahmasari961@gmail.com
    semoga berhasil dan berkah

    BalasHapus
  70. Bisa minta kirimi contoh essay dan rencana studi kirim ke email khoirul2289@gmail.com

    BalasHapus
  71. Assalam.Mbak bisa minta contoh essay nya?klo boleh kirim k mulyaditaufik@yahoo.com

    o y sy jg pnt bbrp pertanyaan:
    1.yg lolos LPDP it sebagian besar PNS & Calon dosen?
    2.klo boleh tahu,berapa total pelamar beasiswa Magister dalam & Luar negeri?dan yg lolos brp?biar sy bisa ngitung perbandingannnya,
    terima kasih sblmnya

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum mbak... saya Mulia. Boleh minta contoh study plan dan Essay nya kah mbak?
    Tolong dikirim ke moeltina@yahoo.de
    Terimakasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
  73. assalamu alaikum. Saya Murdanianto dari banjarmasin Mba, boleh minta kirimkan file essaynya juga ngga ?
    email =murdanianto@ymail.com
    sebelumnya terimakasih dan salam kenal. :D

    BalasHapus
  74. Mbak, :) jika berkenan untuk mengirimkan essay yang mba buat ke ningtyas.surya@yahoo.com . terima kasih banyak ya mbaaaa :D

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum mba.
    jika mba ga keberatan, bolehkah saya minta essay yang mba buat sebagai bahan referensi?
    terimakasih
    wassalam

    BalasHapus
  76. Selamat pagi mba.
    Kalau tidak keberatan, boleh saya tolong dikirimkan essay dan rencana studi sewaktu dulu melamar lpdp?
    Alamat email saya ichajulisca@yahoo.co.id
    Terimakasih mba.

    BalasHapus
  77. salam kenal mba, sy tertarik ikut beasiswa LPDP ini. sy boleh minta file essay dan rencana studi yg mba buat sebagai referensi mba? tolong di email ke naomi.saddhadhika@hotmail.com
    terima kasih banyak mba

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum mba.. Boleh saya minta contoh essay dan study plan nya mba?
    Ini email saya :
    afnie92@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya ya mba. .

    BalasHapus
  79. mbak, tolong kirimkan cntoh2 berkasnya.
    mustchemist@gmail.com

    BalasHapus
  80. Terima kasih sudah berbagi tulisan melalui blog. Saya salah satu yang membaca dan akhirnya berhasil. Teruntuk rekan lain yang kebetulan dokter dan ingin masuk spesialis, semoga tulisan saya di bawah ini bisa membantu.

    http://m.kompasiana.com/post/read/693688/1/tips-raih-beasiswa-spesialis-lpdp-ppds.html

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum mbak misda,. saya boleh minta contoh essay dan study plannya?kalo boleh kirim ke email ya mbak di nasirahmad040390@gmail.com
    makasih mbak sebelumnya..

    BalasHapus
  82. Mba Misda, salam kenal, terimakasih utk tulisannya yg sgt menginspirasi.. Sya jg rencana akan melanjutkan studi dengan beasiswa lpdp, kalau boleh apakah berkenan mengirimkan contoh surat rekomendasi dan esai ke aditya.gbu@gmail.com ? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  83. assalamualaikum mbak Misda.
    Mbak kalau tidak keberatan saya minta contoh essai dan rencana studi, klu mbak ada yang untuk dalam negeri mbak.
    email. Manap.soham@gmail.com

    BalasHapus
  84. mbak, boleh minta essay dan study plannya dikirim ke email saya juga hasanila@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  85. Assalamualaikum. mohon maaf sebelumnya, saya mau minta contoh essay dan study plannya mbak. saya akan senang sekali kalo mbaknya bersedia. :).
    obbiearie@gmail.com. Terimakasih sebelumnya. :D

    BalasHapus